Cara Kerja dan Keyword dalam SEO

Cara kerja dan keyword dalam SEO.

A. Cara kerja SEO
Cara kerja mesin pencari secara singkat meliputi, Crawling-Indexing-Serving. Ada setidaknya tiga konsep atau proses kunci yang memungkinkan Google dapat melakukan crawling, indexing, dan serving/delivering.

1. Crawling (perayapan)
Crawling atau perayapan merupakan proses googlebot (bisa disebut juga sebagai robot, bot spider, spiderbot) mencari halaman-halaman baru atau yang diperbarui untuk ditambahkan ke dalam indeks google. Program googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritme untuk menentukan situs atau halaman web mana saja yang akan dirayapi, seberapa sering perayapan (crawl) dilakukan, dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah web.

Proses perayapan google diawali dari list URL halaman web yang didapat dalam proses crawling sebelumnya ditambah dengan referensi sitemap yang didaftarkan oleh webmaster. Perubahan pada website atau halaman webaite, dan link-link mati (dead links) atau rusak broken links) menjadi referensi untuk memperbarui indeks dengan hasil terbaru. Googlebot dijalankan dari beberapa mesin sekaligus untuk meningkatkan performa dan proses. Hal ini disebabkan karna web terus berkembang dan halaman web yang harus di- crawl semakin bertambah. Mesin-mesin yang mendistribusikan googlebot letaknya tersebar di beberapa titik server yang memiliki tujuan tersendiri, ialah agar proses crawling suatu website cepat dilakukan melalui server terdekat dengan website tersebut.

2. Indexing (proses pengindeksan)
Googlebot kemudian melakukan indexing atau prosea pengindeksan, yaitu memproses masing-masing halaman yang dirayapinya untuk mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan ke dalam sebuak indeks besar. Google juga memproses segala informasi atau tipe konten, baik dalam bentuk tag-tag scipt seperti : p (paragraph), a (link), head, body, meta, title, dan lain-lain, juga atribut alt, rel, href. Namun googlebot tidak dapat membaca dan memproses tipe rich content, seperti flash atau frame dan halaman-halaman dinamis.

3. Serving/delivering (menampilkan hasil pencarian)
Hasil pencarian yang dilakukan ketika user google mengetikkan keyword tertentu di kotak pencarian, kemudian menampilkannya sebagai list hasil pencarian maka hasil percarian tersebut dapat dipercayai google sebagai hasil yang relevan bagi user. Semakin besar nomor urutan listing (semakin ke bawah) semakin kecil nilai relevansinya. Relevansi didasarkan pada beberapa faktor yaitu, pagerank, struktur/navigasi web, isi web, popularitas web/link.

B. Keyword dalam SEO

Keyword atau yang lebih kita ketahui sebagai kata kunci dalam search engine adalah hal yang sangat penting. Riset keyword adalah suatu aspek yang vital dari perancanaan search engine optimization, jika suatu perusahaan memasang keyword yang salah, search engine dan customer tidak akan menemukan web perusahaan tersebut.

A. Jenis-jenis keyword
keyword dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis atau kelompok diantaranya :

  1. Keyword berdasarkan jumlah kata.
    a) Short tail keyword (kata kunci pendek) artinya jumlah kata yang digunakan sebagai kata kunci yaitu dua buah kata.
    b) Long tail keyword (kata kunci panjang) artinya penyempurnaan short tail keyword dengan menambahkan beberapa kata kunci yang berkaitan tapi tetap enak dan nyaman dibaca. Adapun kelebihan long tail keyword diantaranya:

(1) Lebih bermanfaat bagi pembacanya.
(2) Lebih mudah ditemukan mesin pencari.
(3) Kemungkinan memenangkan persaingan dengan blogger lain.

  1. Keyword berdasarkan waktu.
    a) Keyword abadi (kata kunci abadi) merupakan jenis kata kunci yang tidak habis dan usang dimakan waktu (perubahan zaman).
    b) Keyword musiman (kata kunci yang dicari hanya pada saat tertentu saja) merupakan jenis kata kunci yang hanya sering kali dijumpai pada saat kejadian berlangsung. Misalnya perolehan mendali di SEA GAMES 2019. Kebanyakan orang akan menggunakan kata kunci tersebut, bahkan tak jarang kita akan mendapat ledakan pengunjung.
  2. Keyword berdasarkan pemirsa.
    a) Keyword umum merupakan jenis kata kunci yang dapat menjangkau semua orang.
    b) Keyword khusus merupakan jenis kata kunci yang menargetkan pengunjung secara khusus dan informasi yang dibutuhkan hanya untuk orang-orang tertentu saja.

B. Manfaat Keyword

  1. Bagi mesin, kata kunci memudahkan untuk menemukan dan menampilkan informasi yang benar-benar relevan dan dibutuhkan oleh pengguna internet.
  2. Bagi blogger, kata kunci yang tepat dan ditargetkan akan memungkinkan artikel yang dibuat bisa tampil di halaman depan hasil pencarian.
  3. Bagi blog, pada blog yang dikelola blogger kata kunci memungkinkan blog untuk mendapatkan peringkat yang tinggi semakin terbuka luas.

C. Proses riset keyword

  1. Ciptakan daftar keyword dan cek daftar tersebut.
  2. Gunakan tool riset keyword
  3. Pastikan daftar keyword sekali lagi
  4. Siapkan langkah menulis keyword tersebut pada :
    a) Title tag
    Gunakan keyword utama pada title halaman web.
    b) Meta tag description
    Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web.
    c) Meta tag keywords
    Meta tag keyword sangat penting keberadaannya karena menentukan kata kunci apa yang bisa menentukan halaman web tersebut pada search engine.
    d) Headings
    Usahakan agar web Anda menggunakan page headline (H1-6) dan gunakan keyword utama sebagai headline.
    e) Alt text
    Jika anda memasang image dengarlah agar selalu melengkapinya dengan atribut alt.
    f) Anchor text/navigational links keyword
  5. Submit ke search engine

D. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih keyword.

  1. Mengoptimalkan faktor-faktor pendukung lainnya.
  2. Daftarkan kembali situs web ke semua mesin pencari.
  3. Link exchange
  4. Pengawasan dan optimalisasi ulang.
  5. Perhatikan isi situs web.

Nama : Dilla Khoirunnisa
No : 11
Kelas : XI BDP2

Sumber : Ummi Chalifah Bisnis Online SMK/MAK kelas XI. Penerbit CV Putra Nugraha.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai