SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

1. Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Istilah Search Engine Optimization (SEO) pertama kali digunakan pada tanggal 26 Juli tahun 1987 oleh sebuah pesan spam yang di-posting di Usenet.

Umumnya, pengertian SEO sendiri adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan suatu grafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO. Adapun beberapa pengertian SEO menurut para ahli, diantaranya :

A. Neil Patel

SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki perangkat lebih tinggi di dalam search engine.

B. Danny Sullivan

SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.

C. Rand Fishkin

SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan audiensi, desain, pengembangan situs, penelitian keyword, penempatan keyword, link building, social media marketing, dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari saerch engine.

Dalam mesin pencari sendiri juga terdapat SERP (Saerch Engine Result Page). Pengertian untuk Saerch Engine Result Page atau sering disebut SERP yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh saerch engine sebagai respons terhadap kata yang diketik pada masin pencari. Fungsi SERP sendiri adalah untuk mengukur sejauh mana suatu blog terhadap kualitas SEO blognya. Intinya, semakin bagus SEO blognya maka semakin tinggi pula SERP blog. Oleh karena itu, memahami atau belajar teknik SEO sangat diperlukan untuk meningkatkan SERP pada suatu blog. Hanya blog atau website yang memiliki SERP tinggi yang bisa dan akan menempati urutan pertama pada saerch engine.

2. Teknik Saerch Engine Optimization (SEO)

Terdapat dua teknik dalam SEO yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi. Dua jenis teknik tersebut diantaranya :

https://pin.it/6t1tesp

A. Teknik White hat SEO

Teknik ini adalah teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimalkan suatu web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh saerch engine. Karna suatu web atau blog yang baik dan berkualitas adalah web atau blog yang mempunyai ciri mereka sendiri. Kekreatifan webmaster dipertanyakan untuk hasil dari karya-karya mereka.

Ciri suatu web atau blog yang legal dan tidak menyalahi aturan :

  • Bukan hasil copy paste (plagiat) melainkan berdasarkan pemikiran sendiri.
  • Artikel yang berkualitas. Seorang webmaster tentunya harus mempunyai banyak ide untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Mulai dari pemberian judul suatu artikel, penyampaian dalam bentuk bahasa yang mudah dipahami dan kerapian tulisan, sampai isi.
  • Melakukan promosi di media sosial.
  • Templet yang menarik. Desain templet juga sangat berpengaruh pada grafik pengunjung. Jadi bisa ditambahkan ditambahkan templet untuk menambah kesan hidup pada artikel kita.

B. Teknik Black hat SEO

Teknik ini adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimalkan web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh saerch engine.

Ciri suatu web atau blog ilegal yang tidak sepatutnya kita tiru :

  • Melakukan copy paste. Tindakan ini sangatlah tidak terpuji, jadi tolong untuk dihindari. Setidaknya jika ingin mengambil beberapa materi dari artikel lain bisa cantumkan sumber berupa link.
  • Judul yang diulang-ulang.

NAMA : DILLA KHOIRUNNISA [11] , XI BDP2.

sumber referensi : Ummi Chanifah, BISNIS ONLINE, SMK/MAK kelas XI, CV Putra Nugraha

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai